Kabar Jateng

Tren Teknologi Tahun 2021

Kabarjateng.com – Sebuah revolusi digital yang substansial sedang terjadi di seluruh dunia. Invocasi, kelincahan, dan pengembangan pasar semuanya dipercepat oleh kemajuan teknologi. Efek pandemic mempercepat digitalisasi dan otomatisasi. Efek pandemic akan terasa dalam waktu yang lama, dan transisi digital akan terus berlanjut. Jika bisnis tidak mengikuti tren teknologi, akan sulit untuk mengatasi kesalahan tersebut.

Teknologi canggih akan terus mengubah hidup dan cara kita beroperasi, membuka peluang besar bagi bisnis di seluruh dunia.

Mari kita lihat beberapa perkembangan teknologi sehingga semua orang tahu apa yang harus dicari, diadopsi, dan dibawa.

1. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (Kecerdasar Buatan) telah membuat banyak sensasi dalam decade terakhir.

Namun itu tetap menjadi salah satu perkembangan teknologi terkemuka yang akan muncul karena dampatk signifikannya terhadap cara kita hidup, bekerja, dan bermain.

AI sekarang terkenal dengan kehadirannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi ride sharing,  mobile personal assistance, dan berbagai aplikasi lainnya.

Selain itu AI adalah untuk menyelidiki interaksi untuk menemukan koneksi yang sebelumnya tidak terdeteksi dan menilai permintaan fasilitas secara real time untuk mengalokasikan sumber daya dan mengidentifikasi pola dinamis di antara konsumen.

2. 5G dan konektivitas yang ditingkatkan

Internet yang lebih cepat dan lebih stabil berarti lebih dari sekedar memuat halaman web lebih cepat dan menghabiskan lebih sedikit waktu menunggu video dimuat.

Dari 3G dan seterusnya, setiap kemajuan konektivitas seluler telah membuka kasus pengguna internet baru.

5G mengacu pada jaringan yang menggunakan teknologi mutakhir, termasuk augmented reality dan virtual reality. Singkatnya 5G dan jaringan canggih berkecepatan tinggi lainnya memungkinkan semua tren lain yang telah kita bahas dapat diakses dimana saja, kapan saja.

3. Blockchain

Blockchain adalah salah satu tren teknologi mainstream. Banyak orang percaya bahwa Blockchain hanyalah tentang Cryptocurrency, padahal tidak demikian. Bitcoin dan Cryptocurrency lainnya hanyalah bagian dari teknologi Blockchain secara keseluruhan.

Terlepas dari Cryptocurrency, ia menggunakan berbagai bidang lain seperti perawatan kesehatan, rantai pasokan dan logistic, periklanan, dll.

Ini adalah buku besar digital terdesentralisasi yang melacak setiap transaksi melalui jaringan computer global. Berbagai bisnis mencari platform Blockchain untuk membangun strategi bisnis tingkat atas, mendorong pasar untuk teknologi Blockchain

4. Cybersecurity

Cybersecurity tampaknya bukan teknologi mutakhir, tetapi berkembang dengan kecepatan yang sama dengan teknologi lainnya. Hal ini sebagian disebabkan oleh munculnya ancaman baru secara konstan.

Peretas jahat yang mencoba mendapatkan akses tidak sah ke data tidak akan menyerah dengan cepat, dan mereka akan terus mencari cara untuk menghindari tindakan perlindungan yang paling ketat sekalipun.

Ini sebagian karena adopsi teknologi modern untuk meningkatkan pertahanan.

Karena cybersecurity akan diperluas untuk melindungi dari peretas selama kita memilikinya, cybersecurity akan tetap menjadi teknologi yang popular

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Tren Teknologi Tahun 2021”,

Tinggalkan Balasan