Kabar Jateng

Pembobol ATM Bank Jateng di Indomaret Plalangan Diduga ‘Pemain’ Lama

KABARJATENG.COM, Semarang – Pelaku pembobolan ATM Bank Jateng di Indomaret Plalangan, Kecamatan Gunungpati, diduga sebelumnya juga beraksi di wilayah lain. Pasalnya, modus yang dilakukan hampir sama dengan kejadian pembobolan ATM sebelumnya.

“Sejauh ini kami membandingkan ada beberapa tempat yang mirip kejadiannya. Yang berhasil kemarin di ATM di wilayah Mranggen, Demak. Pelaku berhasil membawa kabur uang tunai Rp 87 juta,” ungkap Kasatreskrim Polrestabes Semarang AKBP Donny Lumbantoruan, Minggu (19/9/2021). Seperti diberitakan Minggu (19/9/2021), mesin ATM Bank Jateng di Indomaret Jalan Raya Plalangan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang dibobol pencuri. Pelaku berhasil menguras isi ATM sebesar Rp 849,4 juta raib.

Peristiwa itu terjadi Sabtu (18/9/2021) sekitar pukul 06.00. Pelaku melancarkan aksinya dengan menjebol bangunan tembok minimarket bagian kanan. Sedangkan mesin ATM dibobol dengan alat las. Informasi yang diperoleh koran ini, aksi pembobolan mesin ATM juga terjadi di Indomaret Mranggen Demak, Grobogan, Ungaran, dan Salatiga selama September 2021 ini. Namun tidak semua aksinya berhasil membawa kabur uang. Menurut kasatreskrim, diduga aksi pencurian di keempat titik itu pelakunya sama. Mereka melancarkan aksinya dengan cara menjebol tembok terlebih dahulu.

“Bisa jadi berhubungan, ada kemiripan. Sasarannya ATM,” bebernya. Saat petugas melakukan olah TKP dan penyisiran di belakang Indomaret Plalangan, ditemukan barang bukti tabung elpiji 3 kilogram, satu sarung tangan, penutup kepala, dan botol air minum merek Le Minerale 600 ml diduga milik para pelaku. Donny juga mengatakan, sejauh ini baru tiga saksi yang dimintai keterangan. “Ada tiga orang dari Indomaret dan Bank Jateng,” terangnya. Mereka adalah Robby Siantutu, 19, karyawan Indomaret warga Kandri, Gunungpati; Sinta Listyan Husinar, 24, karyawati Indomaret warga Plalangan, Gunungpati, serta Donny Prianto, 35, (Staf Umum Bank Jateng).

Tinggalkan Balasan