Kabar Jateng

Kuliner Sedap Khas Jawa Tengah Yang Wajib Kalian Coba

KABARJATENG.COM-Selain terkenal dengan ragam budayanya, Jawa Tengah juga memiliki berbagai macam kuliner tradisional yang memiliki beragam rasa.

Seperti makanan tradisional lainnya, makanan tradisional Jawa Tengah juga menggunakan bumbu rempah dan bahan yang khas. sehingga banyak wisatawan yang berkunjung segera mencari makanan tradisional tersebut.

Lantas apa saja Dilansir KontenJateng.com dari berbagai sumber, Sabtu (14/08/2021) berikut 5 makanan tradisional khas Jawa Tengah yang wajib dicoba? simak ulasan informasinya berikut ini.

Nasi Liwet

Makanan tradisional Jawa Tengah yang wajib dicoba pertama yakni nasi liwet. Jangan salah, nasi liwet tak hanya bisa ditemukan di Jawa Barat saja loh. Surakarta atau Solo ternyata juga memiliki makanan tradisional nasi liwet.

Nasi liwet disajikan dengan nasi yang diberi suwiran ayam gurih. Tak ketinggalan, nasi potongan ayam ini juga disiram oleh sayur labu siam. Untuk nasinya, cara memasak hampir serupa dengan nasi uduk pada umumnya.

Kalian bisa menemukan nasi liwet di daerah Surakarta atau Solo. Tak susah untuk mencarinya. Sebab, nasi liwet biasanya dijual di warung tenda yang berjajar di pinggir jalanan. Meski begitu, jangan ragukan soal rasanya ya.

Nasi gandul

Makanan tradisional ini disajikan dengan daun pisang. Nasi gandul adalah nasi putih dan kuah segar dengan Sejumlah lauk pauk seperti perkedel atau tempe juga bisa mendampingi nasi gandul ini, yang paling penting adalah daging sapi yang telah diolah sehingga memunculkan sensasi rasa yang khas.

Makanan tradisional ini berasal dari Pati, Jawa Tengah. Sehingga akan lebih mudah menemukan nasi gandul bila kalian berkunjung ke Pati.

Soto Kudus

Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari kudus.lain daripada soto di tempat lainnya soto kudus memiliki ciri khas tersendiri.

Jika makan soto Kudus di tempat asalnya, kalian akan merasakan sensasi yang berbeda. Bagaimana tidak, soto Kudus ini akan disajikan dengan daging kerbau bukan sapi. Selain itu, kuah bening dengan ditambah asam Jawa menjadi salah satu ciri khas soto Kudus.

Soto Kudus akan semakin nikmat bila ditambah dengan nasi, tauge, mie, daun seledri dan bawang goreng. Tenang saja, biasanya juga akan disajikan beragam lauk pauk hingga sate-satean. Mulai dari gorengan, perkedel, paru kerbau hingga sate telur puyuh.

Lumpia Semarang

pada umumnya lumpia Semarang akan berisi tumisan sayur rebung. Perlu diketahui pula, lumpia Semarang terdapat dua jenis yaitu lumpia kering dan lumpia basah. Perbedaannya hanya terletak di kulit lapisan gandum nya saja.

Agar bisa merasakan lumpia Semarang secara otentik, kalian harus berkunjung ke Kota Semarang. Jangan lupa juga membeli lumpia untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Dijamin keluarga di rumah tak menyesal mencicipi camilan khas Semarang satu ini.

Itulah beberapa makanan Khas Jawa Tengah yang perlu kalian cicpi apabila berkunjung ke Jawa Tengah, selamat Mencoba.***

Tinggalkan Balasan