Kabar Jateng

KPU Kota Semarang Lakukan Kunjungan ke Semua Partai Politik

Kabarjateng.com – Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Gultom mengatakan, acara kunjungan ini adalah bagian dari silaturahmi sekaligus memberikan sosialisasi Pemilu 2024 mendatang.

KPU Kota Semarang memberikan saran dan masukan kepada partai politik untuk mempersiapkan kelengkapan keikutsertaan dalam Pemilu 2021. Misalnya updating struktur organisasi dan kelengkapan administrasi perkantoran.

“Struktur organisasi partai politik mungkin tidak sama seperti dulu, itu perlu di update. Siapa taju ada yang meninggal dunia atau berhalangan tetap ini kan butuh waktu untuk melengkapi. Kami lebih kepada memberikan masukan awal sehingga nanti ketika tahapan resmi dimulai, paling tidak kesiapan sudah makin matang,” kata Nanda, sapaan akrabnya, Kamis (7/10).

Terkait dengan tahapan Pemilu tahun 2024 mendatang, KPU akan masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat dan KPU RI. Pelaksanaan Pemilu 2024 belum menetapkan pada satu tanggal karena masih ada perbedaan. KPU RI menyebutkan 21 Februari 2024, sedangkan Pemerintah menyebutkan 15 Mei 2024.

Hingga saat ini KPU, Pemerintah, dan DPR RI masih melakukan proses singkronisasi untuk menentukan kepastian tanggal pelaksanaan.

“Setelah disepakati, baru kemudian tahapan itu akan dibreakdown sesuai kebutuhan seperti apa untuk melayani seluruh aktivitas yang berhubungan dengab kegiatan Pemilu 2024,” tuturnya.

Berdasarkan informasi dari pusat, lanjutnya, penyelenggaraan Pemilu 2024 akan digelar serentak pada tahun yang sama. Pemilihan legislatif, DPD, dan presiden akan dilakukan dalam waktu yang sama.

Sementara untuk pemilihan wali kota/ bupati bakal bersamaan dengan pemilihan gubernur. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10, pemilihan gubernur dan wali kota/bupati dilaksanakan pada November 2024. Namun demikian, KPU masih menunggu kepastian dari pusat.

“Oleh karena itu, kami melakukan roadshow ini untuk silaturahmi awal. Ketika tahapan dimulai, paling tidak hal-hal yang sudah bisa dicicil bisa dilakukan sehingga tidak tergesa-gesa,” bebernya.

Nantinya setelah sosialisasi kepada partai politik, KPU berencana akan menggelar bimbingan teknis pada akhir bulan ini bersama dengan Pengadilan Negeri Semarang untuk menyampaikan penggunaan aplikasi Era Terang. Hal ini akan dibutuhkan oleh seluruh bakal calon legislatif unyuk mendapatkan surat dari pengadilan.

“Itu upaya kami untuk menyampaikan info lebih awal sehingga saat tahapan tiba sudah memiliki gambaran lebih konkrit mengenai mekanismenya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan