Kabar Jateng

Ada Sate Kere, 9 Kuliner Jateng Ini Resmi Jadi Warisan Budaya

Kabarjateng.com, Semarang – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan 51 budaya asal Jawa Tengah sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) tahun 2021. Dari puluhan budaya ini, beberapa di antaranya merupakan kuliner. Kuliner-kuliner dari Jateng yang ditetapkan sebagai warisan budaya itu merupakan makanan atau camilan khas daerah.

Beberapa di antaranya bahkan sudah sangat populer, seperti timlo dan warung HIK Solo. Ada juga sate kere yang buka berbahan daging melainkan dari tempe dan tahu. Kemudian mendoa Banyumasan yang sudah sangat dikenal. Kabid Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng Eris Yunianto mengatakan, penetapan itu dilakukan pada akhir Oktober 2021. Jawa Tengah sendiri mengajukan 52 calon WBTb, namun hanya 51 yang ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda tingkat nasional.arisan-budaya.

Ia menyebut, sebelum dikukuhkan sebagai WBTb, puluhan budaya tersebut telah melalui berbagai tahapan. Selain berpatokan pada naskah akademik atau dokumentasi, namun pelaku kebudayaan tersebut pun turut bertutur. “Warisan yang ada di Jateng. Bisa dalam bentuk tradisi, ritus, seni pertunjukan yang sampai saat ini masih dilaksanakan sebagai bagian dari kekayaan budaya di Jawa Tengah,” ujarnya, Senin (1/11/2021).

Setelah memeroleh predikat WBTb nasional, maka suatu budaya atau tradisi tersebut berpeluang diajukan ke UNESCO. Ini seperti halnya Candi Borobudur, batik atau wayang. Berikut daftar sembilan kuliner asal Jateng yang jadi WBTb:

1. Timlo Solo

2. Serabi Notosuman

3. Sate Kere Solo

4. Warung HIK Solo,

5. Sate Buntel Solo

6. Roti Kecik Solo

7. Mendoan Banyumas,

8. Nopia Purbalingga

9. Sega Grombyang Pemalang

Tinggalkan Balasan